Teknik Memilih Investasi

Setelah kita mengetahui alternatif investasi, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana caranya memilih alternatif investasi yang begitu banyak itu? Jika Anda sudah memutuskan ingin berinvestasi, dalam memilih investasi paling tidak Anda harus mempertimbangkan empat faktor penting, yaitu modal, tingkat pengembalian, tingkat risiko dan arus dana.

Modal. Yang dimaksud dengan modal adalah berapa banyak dana yang kita perlukan untuk bisa melakukan investasi sampai kita dapat memperoleh keuntungan yang melebihi dari investasi ying kita keluarkan? Prinsipnya, semakin kecil modal yang diperlukan semakin baik bagi investor.

Tingkat PengembaIian. Tingkat pengembalian adalah berapa persen keuntungan yang bisa diperoleh dari modal yang dikeluarkan dalam jangka waktu tertentu. Semakin tinggi tingkat pengembalian dan semakin cepat jangka waktunya semakin baik bagi investor.

Tingkat Risiko. Risiko adalah berapa besar kemungkinan terjadi¬nya kerugian yang dapat mengurangi jumlah modal kita dan bahkan menghabiskan modal kita. Semakin kecil tingkat risikonya, semakin baik bagi investor.

Arus Dana. Terakhir adalah arus dana yang berupa seberapa cepat dana dalam bentuk uang kas secara fisik dapat kita tarik dari modal yang telah kita setor. Semakin cepat semakin baik bagi investor.

Selain keempat faktor penting tersebut ada juga faktor-faktor lain yang perlu dipertimbangkan seperti biaya investasi, informasi, waktu, perdagangan, likuiditas pasar dan aktivitas.

This entry was posted in investasi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *